SEO untuk Robot dan Manusia

SEO merupakan kepanjangan Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari, namun meskipun dari segi istilah dan secara garis besar SEO lebih ditujukan kepada robot mesin pencari, sesungguhnya efektif atau tidaknya SEO tergantung bagaimana kita mempergunakan teknik tersebut secara bijaksana yakni memanfaatkan ilmu SEO ditujukan untuk robot dan manusia.


Meskipun secara pribadi saya bukanlah orang yang terampil atau expert dalam bidang optimasi, akan tetapi setidaknya sedikit pesan moral ini bisa membuka kerangka berfikir sekaligus merubah mindset pribadi admin dan syukur-syukur bisa memberikan dampak bagi pembaca semua.

SEO dengan segala perangkatnya termasuk perlengkapan SEO (SEO Tools) serta trik jitu lainnya sebenarnya hanyalah trik dan upaya mengakali sebuah Algoritma yang diciptakan untuk mengatur Robot Crawler masing-masing mesin pencari untuk menampilkan hasil pencarian yang dianggap paling relevan dengan yang diinginkan oleh pengguna mesin pencari.

SEO dengan memperhitungkan Algoritma dengan berbagai SEO Tools mulai dari kepadatan kata kunci (keyword density), kecepatan akses blog, kekuatan tautan balik (backlink), penempatan kata kunci bahkan hingga struktur template sebuah blog inilah yang saya ibaratkan sebagai SEO untuk Robot yakni robot mesin pencari. SEO untuk robot seperti ini seringkali juga dimanfaatkan sebagian admin untuk mengecoh pengunjung untuk memperoleh traffic tinggi menggunakan cara mengakali Robot Crawler (Blackhat SEO) untuk memperoleh posisi bagus di mesin pencari yang nantinya diharapkan akan berbanding lurus dengan penghasilan online dari program Affiliasi, CPM, PPC dan sebagainya.

Meski demikian, tidak jarang kita menemukan sejumlah laman maupun alamat Blog yang sama sekali tidak memperhitungkan Algoritma dan segala hal teknik optimasi namun laman atau blog tersebut bisa menempati posisi bagus di mesin pencari bahkan mendapat Google Page Rank (PR) yang tinggi, disinilah peran SEO untuk Manusia bekerja, "Manusia" yang saya maksudkan di sini adalah pengunjung, pengguna mesin pencari , pengguna internet yang dengan setia mengunjungi laman atau blog tersebut meski tanpa intrik SEO sekalipun. Yup.. SEO untuk manusia terletak pada "kepercayaan" yang dihasilkan oleh kekuatan materi, kualitas tulisan, serta isi dan solusi penyelesaian masalah yang ditawarkan dari laman sebuah blog. Inilah  SEO termahal yang tidak mudah untuk dibeli seorang pemilik website atau blog.

Dari tulisan di atas, maka SEO yang paling efektif, tangguh dan ampuh adalah SEO untuk Robot dan Manusia yakni bagaiman optimasi teknik SEO yang kita gunakan dapat bekerja lancar meraih kepercayaan robot mesin pencari dan setelah mendapat posisi bagus, barulah SEO untuk manusia beraksi menjaga kepercayaan pengunjung. Mari kita sama-sama belajar menerapkan SEO untuk Robot dan Manusia guna meraih pencapaian maksimal serta memberikan manfaat bagi orang lain. Jadilah Master SEO untuk Robot dan Manusia, karena seorang Master SEO Robot belum tentu menguasai SEO untuk Manusia.

0 komentar


Posting Komentar

SEO untuk Robot dan Manusia